Qadar mempunyai
empat tingkatan, yaitu :
1. Tingkatan
Pertama : Ilmu Allaah Tentang Segala
Sesuatu Sebelum Penciptannya.
Telah
disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa Ilmu Allaah adalah sangat luas meliputi setiap
sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang akan terjadi, sesuatu yang belum
terjadi dan bagaimana akan terjadinya, dengan perinciannya.
Di antara ayat
– ayat yang menunjukkan luasnya Ilmu Allaah adalah :
a. Q. S Al – Baqarah ayat 30.
b. Q. S Luqman ayat 34.
c. Q. S Al – An’aam ayat 124.
d. Q. S Ad-Dukhaan ayat 32, dll.
a. Q. S Al – Baqarah ayat 30.
b. Q. S Luqman ayat 34.
c. Q. S Al – An’aam ayat 124.
d. Q. S Ad-Dukhaan ayat 32, dll.
Di antara
hadits yang menunjukkan luasnya Ilmu Allaah adalah hadits tentang do’a
istikharah (meminta pilihan) yang berbunyi sebagai berikut :
“Ya Allaah,
sesungguhnya aku meminta pilihan kepada-Mu dengan Ilmu-Mu, menjalani
kehendak-Mu dengan Taqdir-Mu, meminta kepada-Mu karunia-Mu, sesunguhnya Kamu
berkehendak dan saya tidak berkehendak, Kamu Mengetahui dan saya tidak
mengetahui, dan Kamu Mengetahui segala sesuatu yang ghoib.”
“Ya Allaah,
jika Kamu Mengetahui bahwa urusan ini baik untuk diriku, agamaku, kehidupanku
dan berakhir baik untuk urusanku, maka taqdirkanlah (urusan tersebut) untukku
dan mudahkanlah (urusan tersebut ) untukku kemudian berkahilah (urusan
tersebut) untuk diriku.”
“Ya Allaah jika
Kamu Mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, agamaku, kehidupanku dan
berakibat buruk untuk urusanku, maka jauhkanlah aku dari urusan tersebut dan
jauhkanlah urusan tersebut dariku. Maka taqdirkanlah untukku yang lebih baik
dari urusan tersebut dan berilah aku keridha’an dengannya.”
2. Tingkatan
Kedua : Tulisan/Penulisan Sebelum Penciptannya.
Sesungguhnya
Allaah telah menulis dalam Lauhul-Mahfudz setiap sesuatu yang akan terjadi
sampai hai qiyamat tiba.
Di antara ayat
– ayat yang menunjukkan Tulisan/Penulisan ini adalah :
a. Q. S Al – Anbiya ayat 105-106.
b. Q. S An-Nahl ayat 44-44.
c. Q. S Al – Yaasiin ayat 12.
d. Q. S Al-Qiyaamah ayat 13, dll.
a. Q. S Al – Anbiya ayat 105-106.
b. Q. S An-Nahl ayat 44-44.
c. Q. S Al – Yaasiin ayat 12.
d. Q. S Al-Qiyaamah ayat 13, dll.
Di antara
hadits yang menunjukkan tingkatan kedua ini adalah hadits yang berbunyi :
“Sesungguhnya
Allaah itu ada sebelum yang lainnya ada, dan’Arsy Allaah berada di atas air,
dan telah menulis dalam kitab-Nya setiap sesuatu”. Muttafaqun ‘alaihi.
3. Tingkatan
Ketiga : Kehendak Allaah Untuk Penciptannya.
Tidaklah ada
setiap sesuatu kecuali atas Kehendak Allaah tanpa selain-Nya. Maka apa-apa yang
dikehendaki Allaah pasti terjadi dan yang tidak dikehendaki Allaah pasti tidak
akan terjadi. Semua yang bergerak dan diam adalah atas Kehendak Allaah tanpa
selain-Nya.
Di antara ayat
– ayat yang menunjukkan Kehendak Allaah ini adalah :
a. Q. S Al – Baqarah ayat 253.
b. Q. S Ali ‘Imran ayat 40.
c. Q. S Al – An’aam ayat 35.
d. Q. S Huud ayat 33, dll.
a. Q. S Al – Baqarah ayat 253.
b. Q. S Ali ‘Imran ayat 40.
c. Q. S Al – An’aam ayat 35.
d. Q. S Huud ayat 33, dll.
Di antara
hadits yang menunjukkan Kehendak Allaah ini adalah hadits yang berbunyi :
“Mu’min yang
kuat lebih baik dan lebih dicintai Allaah dari pada m’min yang lemah, dan pada
masing-masing mu’min ada kebaikan. Bersemangatlah pada setiap yang bermanfa’at
untuk dirimu dan jangan lemah/malas. Jika sesuatu menimpa dirimu, maka
janganlah kamu katakan : seandainya saya melakukan ini dan itu. Tapi katakanlah
: Allaah sudah menenetukannya dan apa yang dikehendaki Allaah pasti terjadi.
Karena perkataan “jika/seandainya” akan membuka pintu syaithan”. H. R. Muslim.
4. Tingkatan
Keempat : Penciptaan Allah Untuk ‘Amal dan Kejadian Qadar.
Sesungguhnya
Allaah telah menciptkan setiap sesuatu. Allaah telah menciptakan makhluq,
kejadiaan dan keberadaan mereka. Allaah adalah Pencipta bukan selain-Nya.
Di antara ayat
– ayat yang menunjukkan Ppenciptaan makhluq ini adalah : :
a. Q. S Ar – Ra’du ayat 16.
b. Q. S Al – Hajar ayat 86.
c. Q. S Al – An’aam ayat 1.
d. Q. S Al – Anbiyaa ayat 33, dll.
a. Q. S Ar – Ra’du ayat 16.
b. Q. S Al – Hajar ayat 86.
c. Q. S Al – An’aam ayat 1.
d. Q. S Al – Anbiyaa ayat 33, dll.
Di antara
hadits yang menunjukkan Penciptaan makhluq ini adalah hadits yang berbunyi :
‘Telah datang
Saraaqah bin Maalik bin Ja’syam kepada Rasuulullaah – shallallaahu ‘alaihi
wasallam – dan berkata kepada Beliau : “Yaa Rasuullaah, di antar kami ada agama
kami seolah-olah kami baru dilahirkan sekarang, maka untuk apa ber’amal, apakah
pena telah kering dan telah berjalan taqdir? Atau untuk apa masa depan?”. Berkata Rasuulullaah – shallallaahu ‘alaihi
wasallam – : “ Tidak, akan tetapi pena telah kering dan telah berjalan taqdir”.
Berkata Suraaqah : “Lalu untuk apa ber’amal?”. Lalu Rasuulullaah – shallallaahu
‘alaihi wasallam – menjawab : “ Ber’amallah karena setiap sesuatu akan
dimudahkan”.
H. R. Muslim.
Allaahu A’lam.
Semoga bermanfa’at
Sumber rujukan
:
1. Syarah ‘Aqidah
Thahawiyah, Shaalih Ali Syaikh
2. Al – ‘Irsyaad
Ilaa Shahiihil I’tiqaad War-Raddu ‘ala Ahlisy Syirki Wal Ilhaad, Shaalih bin
Fauzan Al-Fauzan.
3. Al – Mukhtashar
fii Masaa ilil Qadha wal Qadar, Waliid Kamal Syakar
4. Tadzkiratul
Mu’tasiy Syarah ‘Aqidah Al-Haafidz ‘Abdul Ghaniy Al-Maqdisiy, Syaikh ‘Abdur
Razaq bin Abdul Muhsin Al-Badr.
Comments
Post a Comment